SHARE

Jaman sekarang kebutuhan hidup semakin meningkat. Segala upaya pasti kita usahakan supaya kebutuhan hidup terpenuhi. Tapi terkadang kita merasa, kerja keras aja tidak cukup. Kita juga harus bisa hidup hemat biar kebutuhan hidup terpenuhi. Apalagi kebutuhan ngelamar si dia sama beli rumah.

Hidup hemat bukan berarti ngirit banget sampai makan mie tiap hari. Hidup hemat juga harus cerdas! Pinter-pinter milih atau ‘ngakalin’ barang-barang biar pengeluaran kita bisa lebih hemat. Syukur-syukur bisa alokasikan budget buat pengeluaran lainnya.

Berikut ada 7 Tips Hidup Hemat Tapi Tidak Ketinggalan Jaman:

  1. Mengumpulkan Uang Koin

Uang-Koin-Indonesia

Ada pepatah yang bilang, jangan abaikan hal-hal kecil. Si koin kecil hasil kembalian Kamu belanja ke minimarket ini juga bisa jadi uang banyak lho kalau dikumpulin. MIDC pribadi juga suka mengumpulkan uang receh kembalian. Percaya tidak percaya, satu bulan MIDC bisa dapet 60rb lebih. Lumayan banget kan,buat isi bensin motor 2 minggu?

Biar semangat mengumpulkan koinnya, Kamu bisa beli celengan berbentuk toples transparan gitu. Pas nanti celengannya penuh, pasti rasanya seneng banget deh. Setelah itu uang recehnya bisa ditukar ke minimarket terdekat. Biasanya sih,tidak bakal nolak, soalnya mereka juga butuh recehan.

Dengan Kamu rajin mengumpulkan receh, maka Kamu bisa pakai uang recehnya buat kebutuhan lainnya (berarti menghemat kebutuhan lain) dan mencegah pelayan minimarket bohong minta donasi dari uang kembalian.

 

 

  1. Sharing Transportasi

2. Sharing transportasi

Selain naik kendaraan umum, cara ngirit lainnya adalah sharing kendaraan sama teman. Semisal Kamu bawa mobil, jangan pelit memberikan tumpangan buat teman yang searah. Selain hemat energi, Kamu juga bisa hemat uang bensin (kalau temannya ngasih, kalau tidak ya ikhlas aja ya)

Apalagi sekarang juga lagi ngetren komunitas nebeng-nebengan yang kegiatannya emang sharing kendaraan. Tidak ada salahnya tuh ikutan komunitas kayak gitu. Kan bisa memperluas pertemanan.

 

 

  1. Tidak Perlu Piknik Jauh-jauh. Coba yang ini!

3. Gak Perlu Piknik Jauh-jauh. Coba yang ini!

Travelling emang menyenangkan. Bisa melepas stress. Padahal stressnya dateng hampir setiap minggu. Lah, kalau piknik setiap minggu gimana? Bisa-bisa bangkrut deh uang tabungan

Sebagai alternatif piknik, Kamu bisa coba berolahraga. Buat mulai olahraga pasti malas ya. Supaya tidak malas, Kamu juga bisa ikut komunitas biar semangat karena banyak temannya. Kamu bisa pilih komunitas yang melakukan olahraga kesukaan kamu.

Selain menyenangkan, berolahraga juga bisa menyehatkan dan hemat juga. Hemat dari piknik jauh keluar kota (atau bahkan ke mall). Hemat juga karena badan Kamu lebih sehat dan risiko sakit berkurang. Tahu sendiri kan, biaya kesehatan tidak murah

 

 

  1. Cari Perlengkapan Rumah yang Bagus Sekalian

4. Cari perlengkapan rumah yang bagus sekalian

Sekarang ini banyak alat elektronik yang harganya murah-murah tapi spesifikasinya tinggi. Pas baru dibeli sih oke-oke aja, eh baru sebulan make udah rusak. Sediiiihh…

Daripada beli barang yang murah tapi cepet rusak, mendingan beli yang sedikit mahal tapi kualitasnya bagus. Membandingkannya jangan dari harganya, tapi dari masa pemakaiannya. Kalau awet dipakai, otomatis bakal lebih hemat kan?

Hemat buat jangka panjang dan juga bikin kamu sedikit gaya gitu punya barang ori atau barang yang berkualitas.

 

 

  1. Atur Suhu AC

5. Atur suhu AC

Suka mengatur suhu AC dibawah 20 derajat Celsius? Nah, sekarang mulai kurang-kurangin deh. Mengatur suhu AC pada 24 derajat ternyata bisa menghemat listrik sampai 30%. Sangat lumayan kan?

Selain hemat energi, hemat uang buat bayar tagihan atau pulsa listrik, juga bisa hemat perawatan AC karena jadi lebih awet. Kalau AC-nya tidak dingin, lebih baik diservis dulu ya.

 

 

  1. Bawa Gula Sendiri

6. Bawa gula sendiri

Kalau kamu suka minum teh, coba bandingkan harga teh tawar sama teh manis. Teh tawar ada yang Rp 1.000, coba kalau teh manis bisa 3.000 – 4.000. Bedanya cuma apa? Gula!

 

Daripada bayar 2.000 hanya untuk gula, mending Kamu bawa gula sendiri. Kamu bisa sediain sugar sticks di tas agan.

Tidak cuma gaya, tapi Kamu juga bisa berhemat. 1 dus sugar stick merek gula lokal aja harganya tidak sampai 20.000 tapi isinya 75pcs. Kalau dibagi, satu pcs sugar stick tidak sampai 500perak!

Hemat kan?

 

 

  1. Ngakalin Biaya Ke Kafe

5

Pengeluaran yang satu ini emang sedikit susah dikontrol. Jaman sekarang kalau tidak kongkow ke kafe kayaknya kurang asyik ya. Apalagi buat ngajak jalan pacar, inginnya makan atau ngopi yang enak ke kafe. Padahal cuma buat foto-foto doang.

Meeting di kantor juga kadang suka ke kafe, bela-belain buat cari kopi yang enak. Padahal satu gelas kopi bisa 40 ribuan ke atas. Pengeluaran bisa-bisa membengkak gara-gara kopi.

Buat ngakalin budget “ngopi cantik” yang kayak gini, Kamu bisa coba nyari mesin kopi. Mesin kopi jaman sekarang juga udah ada yang bisa bikin kopi ala kafe langsung. Jadi tidak perlu ke kafe lagi buat menikmati kopi yang enak-enak dan penampilannya cantik-cantik. Tidak perlu kursus jadi barista buat bikin kopi seperti ini di rumah atau di kantor.

7. Ngakalin Biaya ke kafe

Harga mesinnya ada dari sejutaan sampai yang paling mahal tiga jutaan. Kualitas mesinnya juga bagus karena buatan Krups asli dari Jerman. Kalau dibandingin beli mesin kopi sama beli kopi di kafe, ya lebih hemat punya mesinnya sih. Kan bisa dipakai berkali-kali, kalau beli kopi di kafe paling cuma sekitar 20 kali. Lebih hemat dan tetap gaya dong, punya mesin kopi modern!

 

krups-nescafe-dolce-gusto-21242115

 

 

 

Nah, itu dia tips hemat tapi tidak ketinggalan jaman dari MIDC guys! Semoga bermanfaat ya, biar bisa cepat nikah sama punya rumah. Silahkan komentar jika kamu ingin memberikan tips hemat yang tidak ketinggalan jaman di kolom komentar dibawah ini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY