SHARE

liburan

Akhirnya libur panjang juga, lumayan bukan libur selama 4 hari?

Semua pasti sudah tidak sabar untuk berlibur dan berhenti dari rutinitas sehari-hari baik kerja, sekolah, kuliah atau apapun itu. Namun, terkadang rencana untuk berlibur bisa kepentok sama biaya atau budget yang harus disiapkan. Karena berlibur di musim liburan butuh biaya yang cukup mahal.

 

Jika kamu mengalami masalah tersebut, kini kamu tidak perlu bingung lagi, karena MIDC mau memberikan beberapa tips liburan murah buat kalian!

  1. Buat Rencana Berlibur Diwaktu yang Tepat

 

Tips yang pertama ini termasuk penting. Biaya untuk berlibur pasti lebih murah jika bukan di musim liburan. Soalnya musim liburan sudah identik deh dengan tiket perjalanan yang mahal, tiket yang diborong, penginapan mahal dan lainnya.

 

Salah satu cara agar kamu bisa liburan hemat adalah mencari waktu di luar musim liburan. Kalau perlu kamu ambil cuti atau izin untuk pergi berlibur. Setelah itu kamu bisa mencari tiket perjalanan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Jangan lupa untuk pantau akun sosmed atau situs maskapai penerbangan untuk mendapatkan promo menarik

 

  1. Pilih Lokasi Berlibur yang Mudah Dituju

 

Liburan yang menyenangkan tidak harus ke tempat yang mewah dan mahal kan? Dengan lokasi yang lebih dekat dan mudah dituju, ada banyak kok tempat liburan dengan kualitas yang tidak jauh beda.

 

Contoh nih buat kalian yang tinggal di Jakarta, kalau ingin mengunjungi pantai selayaknya Mentawai atau Wakatobi, kalian bisa mengunjungi Ujung Genteng atau Cimaja, Sukabumi.

 

Meski keromantisan pantai di Mentawai tak bisa digantikan, tapi soal pemandangan Ujung Genteng atau Cimaja juga tidak kalah cantiknya lho. Tujuannya kan berlibur dengan cara lebih hemat, jadi kamu tidak perlu memaksa untuk pergi berlibur ke tempat yang jauh karena cuma nambah-nambah biaya aja tuh.

 

  1. Pikirkan Transportasi di Tempat Tujuan

 

Sebelum kamu berangkat liburan, sebaiknya mulai pikirkan transportasi yang akan digunakan di destinasi kamu. Biasanya angkutan umum tidak terlalu bisa diandalkan, karena tidak menjangkau semua rute dan waktunya yang tak menentu. Kalau pakai taksi? Mahal jadinya. Mau hemat malah boncos nanti ..

 

Salah satu alternatif yang tepat adalah menyewa kendaraan baik itu mobil atau motor. Sekarang kan sudah jamannya taxi dan ojek online. Setelah itu kamu juga mesti memikirkan kemacetan di destinasi wisata yang ingin kamu kunjungin. Kalau model Bali atau Yogyakarta, akan lebih efektif kalau kamu sewa motor saja, soalnya lebih macet lalu lintasnya. Kecuali kalau kamu perginya rombongan ya mau tidak mau harus sewa mobil, supaya tidak kepencar-pencar.

 

  1. Pilih Penginapan yang Tepat

 

Mencari tempat menginap atau hotel yang bersih, nyaman dan punya fasilitas bagus tapi murah? Sekarang sudah banyak lho hotel yang punya fasilitas bagus dengan harga sewa yang murah. Untuk mendapatkannya kamu harus banyak-banyak mencari informasi dari teman atau internet.

 

Biasanya hotel yang murah adalah yang agak jauh dari pusat kota atau tempat wisata. Dengan memilih hotel yang lebih jauh sedikit kamu bisa menghemat pengeluaran untuk penginapan. Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan kamar privat atau kost harian, biasanya disewakan dengan harga yang lebih murah.

 

  1. Catat Pengeluaran dan Awasi Dengan Ketat

 

Kunci liburan hemat adalah menekan pengeluaran. Sebelum dan selama liburan, catat semua pengeluaran yang telah ada. Selalu awasi dengan ketat biaya yang bakal kamu keluarkan. Dengan mencatat dan mengawasi budget liburan kamu, maka kamu akan terhindar dari kekurangan uang atau sampai berhutang.

 

Kamu juga bisa menghindari makan di lokasi sekitar tempat wisata yang biasanya lebih mahal. Cari tempat makan di luar lokasi wisata supaya kamu bisa berhemat. Jangan lupa install aplikasi rekomendasi kuliner agar memudahkan kamu mencari makanan yang enak dan murah.

 

  1. Beli Suvenir di Sumbernya Langsung

 

Sama seperti makanan. Membeli suvenir di lokasi wisata atau bandara pastinya akan jauh lebih mahal. Kamu bisa mencoba mencari tahu lokasi pembuatan suvenir yang kamu ingin beli.

 

Contohnya, kalau kamu ingin membeli cincin perak Yogyakarta, kamu bisa langsung datang ke Kota Gede, bukan beli di Malioboro. Selain bisa mendapat harga lebih murah di banding di toko suvenir, kamu bisa mendapat bonus untuk melihat langsung proses pembuatannya.

 

Sekian tips liburan murah dari MIDC, intinya kalian jangan terlalu memaksakan libur ketempat yang jauh. Karena disekitar kota tempat kalian tinggal pasti banyak tempat berlibur yang indah!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY