SHARE

“It takes a long time to become young” – Pablo Picasso

Tidak bermaksud untuk terdengar tidak sopan kepada orang-orang yang menghargai pendidikan, tapi MIDC berpikir bahwa pendidikan adalah sangat berlebihan. MIDC masih akan melakukan hal-hal dengan cara yang sama, pergi ke perguruan tinggi dan mendapatkan gelar (meskipun mungkin di bidang yang berbeda), tapi MIDC sangat percaya pada belajar melalui the school of life. Melalui pasang surut kehidupan, kehidupan datang dengan banyak pelajaran berharga yang tidak bisa kita dapatkan dengan cara lain.

Mengapa kita ingin belajar dari kehidupan? Karena MIDC pikir kita masing-masing memiliki cerita kecil kita sendiri yang disesuaikan dengan kebutuhan kita sendiri, untuk tumbuh dan mekar menjadi diri kita sendiri. Orang bijak mengatakan bahwa kita tidak selalu bisa mendapatkan apa yang kita inginkan, namun kita hampir selalu mendapatkan apa yang kita butuhkan. Itu benar. Hidup telah memberi MIDC semua yang MIDC butuhkan untuk berada di titik ini saat ini. Dan berikut ini adalah 10 saran yang bisa MIDC berikan kepada diri MIDC sendiri ketika Kamu masih berumur 20an. MIDC berharap Kamu semua yang berusia 20an bisa mendapatkan sesuatu dari artikel sederhana ini.

1. Selalu Menjadi Diri Sendiri

Oscar Wilde pernah berkata: “Be yourself; everyone else is already taken.” MIDC pikir, perkataan Wilde itu benar, meskipun MIDC menemukan itu lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Pernahkah Kamu bertemu seseorang yang begitu keren begitu cantik dan Kamu ingin menjadi seperti dia? MIDC tentu saja pernah. MIDC bisa mengatakan sekarang, adalah sia-sia untuk menjadi seseorang yang bukan MIDC. Tidak ada yang lebih membebaskan daripada menjadi diri MIDC sendiri, lengkap dengan kekurangan dan kelebihan MIDC, tanpa daun ara untuk menutupi diri. Kalau dipikir-pikir, the cool kids are cool karena mereka unik, mereka berbeda, dan mereka menonjol di kerumunan. Dan apa cara yang lebih baik untuk stand out in the crowd daripada menjadi diri Saya sendiri?

Hanya ada satu “Kamu” di alam semesta ini dan tidak ada orang lain yang bisa melakukannya lebih baik daripada diri “Kamu” sendiri.

2. Jujurlah tentang Hal-Hal yang Kamu Suka dan Tidak Suka

Jika KAMU harus benar-benar jujur dengan diri sendiri tentang apa yang KAMU suka dan tidak suka, KAMU bisa menghemat banyak waktu mencoba untuk mencari tahu arah hidup KAMU, kemana KAMU harus pergi, dan langkah apa yang harus KAMU ambil. Tentunya, adalah baik untuk terkadang mendapatkan masukan dari komunitas atau support system, namun kompas terbaik untuk menentukan arah hidupmu adalah untuk melihat ke dalam. Jika Kamu suka bekerja sendiri, tidak terlalu keberatan memiliki pendapatan yang tidak menentu, dan membenci pekerjaan corporate, jujurlah dan mulai membangun karir yang cocok untuk Kamu, sesuai dengan kebenaran yang Kamu temukan dari dalam dirimu sendiri. Kamu mungkin bukan pengacara yang baik. Tetapi, Kamu dapat menjadi seniman ulung, jika Kamu jujur dengan diri sendiri.

3. Berhenti Menyenangkan Orang Terlalu Banyak

Tidak apa-apa untuk mendengarkan orang, terutama mereka yang paling dekat dengan Kamu dan yang Kamu percaya. Bahkan, beberapa pelajaran hidup yang paling berharga akan Kamu dapatkan dari orang-orang terdekatmu. Namun, pada akhir hari, hidup adalah apa pun yang Kamu buat sendiri, bukan orang lain. Cara terbaik adalah untuk menggunakan waktu dengan bijaksana, dengan bijak, KAMU maksud adalah bukan berusaha untuk membuat semua orang senang atau terkesan. Kita bisa menggunakan waktu untuk self-reflection, belajar sesuatu yang baru, membangun sesuatu, dan menghabiskan waktu dengan orang yang kita cintai dan menciptakan kenangan abadi.

4. Selalu, Selalu, Selalu Bersikap Baik Terhadap Orang Lain

Apa yang Kamu tabur adalah apa yang Kamu tuai. Pengampunan selalu tersedia, meskipun tidak selalu ditawarkan atau diberikan. Tapi hati-hatilah, ketika Kamu menyakiti orang, bekas luka itu akan meninggalkan bekas selamanya, meskipun luka itu telah sembuh.

5. Menghargai Orang-Orang yang KAMU Cintai (dan Hewan Peliharaan!)

Kita semua telah mendengar berkali-kali, tetapi sungguh, hidup ini singkat. KAMU kehilangan anjing KAMU beberapa hari yang lalu. Dia berusia lima belas tahun dan meninggal karena usia tuanya. Sekali lagi, hidup ini singkat dan kita tidak selalu bisa mendapatkan apa yang kita inginkan. KAMU bertanya-tanya kadang apa yang membuat semuanya worth it. Dan KAMU pikir, waktu yang kita lalui dengan orang-orang yang kita cintai adalah yang membuat hidup berarti.

6. Hidup Menjadi Semakin Kompleks, Semakin Challenging, Bukan Makin Mudah

Jadi, jangan menyerah pada hidup dulu, tetap ingin tahu tentang kehidupan, belajar dari situ, belajar hal-hal baru, jatuh cinta dengan diri sendiri, jatuh cinta dengan orang asing, mengambil risiko, gagal, belajar, dan membuat sesuatu dari kehidupan; buatlah kehidupan ini bermakna, dengan cara Kamu sendiri. Selalu rendah hati dan belajar dari orang lain, yang lebih bijaksana (tidak harus yang lebih tua) dan lebih berpengalaman daripada Kamu. Diri Kamu akan berterima kasih karena seiring dengan berjalannya waktu, hidup menjadi semakin kompleks dan challenging, bukan semakin mudah.

7. Jangan Terlalu Yakin tentang Pendapat KAMU Sendiri

Orang berubah, perasaan berubah, dan values Kamu sendiri berubah. When it comes to opinion, nothing is set in stone. Tidak bisa terlalu cepat menilai orang dan selalu tetap ingin tahu tentang kehidupan dan mengajukan pertanyaan. Manusia itu kompleks dan segala sesuatu mungkin lebih baik diselesaikan dengan cara kasus per kasus, bukan hanya dilihat dari kacamata apa yang benar dan yang salah. Hidup tidak selalu hitam dan putih.

8. Uang Bisa Membeli Kebahagiaan dan Tidak Bisa Membeli Kebahagiaan pada Saat yang Bersamaan

Hal ini diperlukan untuk memiliki pandangan yang sehat tentang uang. Uang adalah alat, bagi KAMU pribadi, untuk membuat hidup KAMU lebih nyaman. KAMU membeli kenyamanan dan kemudahan hidup dengan uang. KAMU pergi berlibur dengan uang KAMU atau membeli hadiah untuk pacar KAMU dan ibu KAMU. Dan itu membuat KAMU senang. Tapi, KAMU juga mengerti bahwa tidak ada uang di dunia ini yang dapat membeli kesehatan. Dan menjadi kaya tidak selalu menjadi jawaban untuk menemukan kebahagiaan. Untuk beberapa orang, mereka lebih suka bekerja melakukan sesuatu yang mereka cintai dan tidak membuat banyak uang karena itu sangat memberikan kepuasan batin. Karena itu adalah panggilan mereka dalam hidup and they’re doing what they are born to do. Dan tidak ada yang lebih membebaskan dari itu. Jadi, KAMU bisa berpendapat sekarang, uang dapat membeli kebahagiaan dan tidak dapat membeli kebahagiaan pada saat yang sama. KAMU bisa bekerja dan fokus untuk make money, namun tidak jatuh ke dalam perangkap uang pada waktu yang sama.

9. Jangan Mencoba untuk Menjadi Cool, Jadilah Cool, Get Things Done, dan Kemudian KAMU Bebas untuk Melakukan Apapun yang KAMU Inginkan

KAMU menyadari bahwa KAMU tidak bisa selalu menjadi makhluk yang sempurna seperti yang orang tua KAMU inginkan. Tapi, KAMU selalu dapat membuat yang terbaik dari apa yang KAMU miliki dan menjadi cool tentang hal itu. Kata ‘cool’ atau keren, bagi KAMU, selalu memiliki makna seseorang yang tidak sempurna, namun manusia sepenuhnya. Nyaman menjadi dirinya sendiri, cukup rendah hati untuk mengetahui kelemahan, dan kekurangannya sendiri, namun cukup berani atau bold untuk menyadari bahwa dirinya berharga dan bahwa apa yang dia lakukan atau katakan adalah berarti bagi orang lain. KAMU tidak mengatakan kita semua harus jadi straight edge di usia dua puluhan, KAMU mengatakan ‘Be cool, get things done, and then you’re free to do whatever you want in life’. Untuk tidak menjadi beban bagi siapa pun, sadarilah bahwa ketika Kamu menelantarkan tanggung jawab atau ketika Kamu masuk ke dalam masalah karena kebodohan Kamu sendiri, orang di sekitar Kamu terpengaruh, terutama mereka yang paling peduli akan Kamu. Dan karena Kamu ingin selalu bersikap baik terhadap orang lain (baca poin nomor empat), Kamu ingin selalu get your life together and under control, sederhananya adalah dengan getting things done.

Dan kemudian kita bebas untuk melakukan apapun yang kita inginkan.

10. Sukses Tidak Ditentukan oleh Berapa Banyak Prestasi yang Telah Terdaftar pada Resume Kamu, Tetapi Sukses Berarti Becoming Who You are Created To Be.

Seseorang dengan Kedalaman Karakter. Kesuksesan Hanya Akan ‘Mengikuti’ Kedalaman Karaktermu Itu

Apalagi saran-saran yang bisa kamu berikan untuk diri kamu sendiri di umur 20an? Mungkin bisa berbagi di kolom kementar ini supaya semua yang membaca bisa sama-sama belajar. Have a wonderful day Guys!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY