5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih jasa Kirim Barang

5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih jasa Kirim Barang

Apakah kamu suka jual beli online? Kalau begitu sudah familiar dengan yang namanya jasa pengiriman/jasa kurir. Bagaimana tidak? Merekalah yang membantu kita menjual barang kepada orang lain yang membutuhkan. Kalau tidak ada mereka, akan percuma yang namanya internet!

Dalam berbisnis online pengiriman barang merupakan hal yang penting, karena barang bisa sampai pada pembeli harus diantar dengan kesepakatan yang dibuat, baik jasa kurir ataupun COD. Bila usaha online shop kita sudah besar maka kita juga harus mempunyai kurir pribadi yang bisa mengantarkan barang kita sampai pada pelatidakn.

Tapi, kadang-kadang kita bingung, jasa pengiriman mana sih yang paling oke! Baik itu dalam menjaga barang tidak rusak, cepat dikirim, dan pelayanan yang memuaskan! Nah, untuk memilih jasa pengiriman yang baik ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar barang kita sampai dengan selamat kepada pembeli, berikut cara memilih jasa pengiriman barang :

 

  1. Punya Area Layanan yang Luas

 

Tidak mau dong, ketika kirim barang, ternyata daerah yang ingin kita tuju tidak tercover sama perusahaan jasa pengirimannya. Alasannya, bisa jadi karena mereka tidak punya cabangnya di sana. Pasti menjengkelkan. Kita harus tahu jangkauan dari area jasa ekspedisi yang akan kita gunakan, apa mereka bisa menjangkau seluruh daerah di Indonesia atau tidak. Karena orang yang bertransaksi dalam bisnis online bisa saja berasal dari daerah yang mungkin kita sendiri belum pernah mendengarnya.

Selain itu juga kita harus tahu apakah jasa layanan yang mereka sediakan meng-cover untuk jasa pengiriman keluar negeri, karena bukan tidak mungkin bila ada yang memesan barang kita dari luar negeri. Caranya gampang, pastikan saja mereka punya armada sendiri yang terbukti punya jangkauan wilayah yang luas sampe ke luar negeri!

 

  1. Mampu Menjaga Barang Pengiriman

 

Jangan lupa juga bagaimana mereka menjaga barang yang akan dikirim. Soalnya kita tidak mau dong kalau barang yang kita jual sampai rusak ketika sampai pada pembeli. Penyedia jasa yang baik biasanya tahu barang apa yang dikirimkan, jadi mereka tidak asal lempar ataupun banting untuk menghindari kerusakan pada barang.

Tapi terkadang juga sering terjadi kerusakan pada pembungkus paket yang dikirimkan, jadi kita harus perhatikan keamanan barang yang akan kita kirim dengan memaksimalkan pengepakan, ini mengantisipasi dari hal-hal yang bisa merusak barang kiriman kita saat di tangani pihak ekspedisi.

 

  1. Lama Pengiriman Barang

 

Yang ini tidak kalah penting juga lho. Ya, lamanya pengiriman barang juga menjadi bahan pertimbangan dalam memilih jasa pengiriman, karena beda jasa layanan beda juga lamanya pengiriman. Tapi kebanyakan masing-masing jasa pengiriman memiliki jenis paket pengiriman, contohnya saja Onepack atau Overnight Express Package (One Day Package) Services dari Lion Parcel, atau Paket Kilat yang ada pada Pos Indonesia, atau Yes yang jadi andalan JNE.

 

  1. Tarif

 

Sebelum memutuskan jasa kurir mana yang akan dipilih, ada baiknya membandingkan dulu harganya. Karena, setiap penyedia layanan pengiriman memasang harga berbeda-beda tergantung pada layanan yang dipilih. Baik itu yang ekspress atau jasa yang regular.

 

  1. Punya Customer Service 24 jam

 

Kita juga harus melihat apakah customer services jasa pengiriman yang akan kita gunakan selalustand by 24 jam karena bisa saja pembeli kita komplain saat tengah malam jadi kita harus memilih jasa pengiriman yang customer services selalu siap melayani ketika kita mencari info status barang kiriman kita.

Nah, itulah dia artikel dari MIDC beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengirim barang menggunakan jasa kurir. Jasa pengiriman ini sangat krusial bagi kita, karena kita mempercayakan barang yang kita kirim pada mereka. Jadi pilih sebaik mungkin agar para pelanggan kita tidak kecewa.